Silahkan mampir dulu..semoga tips'nya bermanfaat selamat mencoba_i hope your day happy_ ("_")

Jumat, 09 Maret 2012

Resep dan Cara membuat Rendang Jengkol

Hmm..... Mr.Jengki ini bisa bikin orang ketagihan kaya  aku  ma my hubby jg suka ma yg nama'y jengkol..apalagi jengkol bikinan mertua rasanya maknyuuus bgt,... Soalnya dia + keluarganya demen bgt sm Mr Jengki. Awalnya gak bisa masak, tp demi suami tercinta, coba - coba belajar masak rendang jengkol, beruntung aku punya mertua yang baik banget, yang mau bagi-bagi resep bikin rendang jengkol. Bagi yang blm kenal sama rendang jengkol, silahkan coba resep dibawah ini, pasti bakal ketagihan .



Bahan:
* Jengkol tua 1/4 kg.
* 1 ltr santan kelapa dari 1/2 butir kelapa (kelapanya harus yg tua).
* 2 sendok makan abu. (untuk merebus jengkol, kata orang biar ga keracunan. Tapi hubungannya dimana, maaf,  aku   ga tau… Hihihihiihi… :D   ).
Bumbu-bumbu:
1. Yang dihaluskan:
* Bawang merah 8 butir.
* Bawang putih 8 siung.
* Jahe 1/2 ons.
* Lengkuas 1/2 ons.
* Kunyit 1 batang ( kira2 sepanjang jari telunjuk).
* Ketumbar 1 sendok makan.
* Merica 10 biji (aja).
* Cabe keriting 1/2 ons.
* Garam secukupnya.
2.Tidak dihaluskan:
* Sere 3 batang, memarkan.
* Daun jeruk 5 lembar.
* Asam kandis 2 potong.
* Kapulaga 3 biji.
* Kayu manis 1 batang kecil.
* Daun kunyit 2 lembar.
Cara memasak:
1. Rebus jengkol dengan abu sampai empuk.. (aku tanya Mbah Uti, berapa lama, katanya ya sampe empuk *ngeyel.com :D ).
2. Cuci jengkol, lalu kupas.
3. Pisahkan kepingannya, lalu pukul2 sampe gepeng (jangan hancur, nnti malah jadi ‘bubur jengkol’  kekkekekke).
4. Tumis semua bumbu sampe harum, masukkan jengkol dan santan.
5. Aduk terus sampai santan kering.
6. Jadilah rendang jengkol :) .

1 komentar:

  1. Bagus ini, gua suka jenkol, tapi bauya itu loh, waduhhhh, gk tahan ...
    oya kunjungi web gua juga ya ..

    http://www.resepgua.com

    BalasHapus